Sambutan Kepala Dinas

 

Sambutan Launching Website Resmi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar

Senin, 04 September 2017

    

Dra. Neslianita Sinaga

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar

Salam sejahtera,

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat, rahmat dan ridho-Nya jualah akhirnya website resmi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar dapat dilaunching dengan domain disarpus.pematangsiantarkota.go.id

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar telah berdiri sejak tahun 1992, yang dulunya bernama Perpustakaan Umum Sintong Bingei yang kemudian menjadi Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi. Dalam perjalanannya, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan telah melaksanakan pelayanan kearsipan dan perpustakaan kepada masyarakat,tetapi kontribusi yang telah diberikan tentunya masih banyak kekurangan yang ingin kita perbaiki dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang budaya sadar arsip dan budaya membaca buku.

Seiring dengan perjalanan waktu, perpustakaan pernah menjadi primadona masyarakat sebelum internet hadir di tengah-tengah masyarakat, tetapi sekarang dengan kemudahan yang diberikan fasilitas internet masyarakat bisa langsung mencari informasi yang dibutuhkan tanpa harus datang ke perpustakaan, untuk itu dibutuhkan sebuah website sebagai media promosi dan penyampaian informasi yang bisa meningkatkan minat masyarakat untuk datang langsung ke Perpustakaan melalui pemanfaatan jaringan teknologi informasi.

Sejak Tahun 2016, Perpustakaan Umum Pematangsiantar telah memberikan fasilitas wifi gratis kepada pengunjung perpustakaan sehingga dengan akses internet pengunjung juga bisa melihat koleksi buku perpustakaan yang ada di website Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Langkah ini merupakan wujud kepedulian lembaga akan pentingnya kehadiran sebuah media pembelajaran dan tempat berbagi informasi yang mudah diakses dan lebih luas cakupannya lewat dunia internet.

Kita ketahui bersama bahwa di jaman ini, internet telah memberikan perubahan secara revolusioner terhadap cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari. Melalui internet, setiap orang dapat mengakses ke dunia global untuk memperoleh berbagai informasi yang mereka butuhkan dalam segala kebutuhan sehari-harinya.  Akibatnya internet menjadi suatu trend yang berkembang begitu cepat dalam pertukaran data dan infomasi yang ada, sekaligus mempunyai pengaruh yang besar dalam sendi-sendi kehidupan manusia.

Karena itu, launching website resmi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ini tentu sarat dengan sejuta harapan. Peluncuran website ini merupakan bagian dari pengembangan layanan prima di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Melalui kehadiran  website, semoga masyarakat dapat mengakses semua informasi dan layanan yang bersifat publik yang disampaikan melalui web, misalnya pengisian formulir anggota, Pendaftaran Anggota, Jadwal kegiatan perpustakaan,  informasi kegiatan kearsipan dan perpustakaan, koleksi buku baru dan lain-lain.

Semoga kehadiran web ini menjadi ajang untuk menampilkan informasi dan dokumentasi, juga sangat berpotensi menjadi brand-image yang baik bagi publik, yang akan meningkatkan kepedulian masyarakat tentang budaya arsip dan budaya membaca buku.

Harapan saya semoga apa yang disajikan nantinya, benar-benar diperhatikan mutunya, selalu update dan terus menjadi lebih baik pada masa yang akan datang.

Saya sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar  menyampaikan selamat atas peluncuran website,  semoga dapat memenuhi harapan kita bersama. Teruslah berkarya dan berdoa dalam memajukan kota Pematangsiantar ke depan.

Akhir kata, Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga website resmi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dapat hadir di tengah masyarakat.

Semoga kehadiran website  ini bermanfaat bagi kita semua dan bisa menumbuhkan semangat untuk terus berkarya dan berinovasi dalam membangun kota Pematangsiantar yang Mantap, Maju dan Jaya

Horas……3x,

 

 

 

BUKU BARU


Berita



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat