tampilkan semua buku

Koleksi Buku

49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah

Judul Buku    : 49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah

Penulis         : Dr Yoshihiko Watanabe
Penerbit        : Qanita
Cetakan        : Pertama, 2016
Tebal           : 152 halaman
 
HIPERTENSI, salah satu penyakit yang menduduki prevalensi tertinggi di Indonesia. Lebih dari seperempat penduduk ditengarai menderita penyakit ini. Penyakit ini mendunia, laporan WHO tahun 2012 diperkirakan 1 dari 3 orang mengidap hipertensi.
 
Buku ini mengajak pembaca waspada. Seringkali orang menganggap enteng, padahal berisiko dengan penyakit lain. Selain mengakibatkan masalah jantung dan otak, juga potensial menyebabkan kerusakan ginjal, gangren di kaki, pembengkakan pembuluh darah aorta dan masih banyak lagi (hal 12).
 
Sesungguhnya menurunkan tekanan darah yang tinggi tidak sulit. Dr Yoshihiko Watanabe memaparkan cara-cara gampang mengatasi hipertensi Ada 49 cara, tanpa bantuan dokter dan obat-obatan. Dan menghindari rokok dan minuman keras adalah anjuran secara umum. Termasuk diet rendah garam. Masalahnya, banyak yang bilang makanan kurang garam pasti tidak enak. Ini hanya kebiasaan lidah. Pengidap hipertensi disarankan tidak lebih dari 6 gram garam sehari. Bagaimana mengukurnya?
 
Ada beberapa langkah praktis, misalnya menyisakan seluruh kuah atau setengahnya ketika makan. Atau stop makanan berminyak, sebab pasti mengandung banyak garam (hal 38). Cara makan kecap pun sebaiknya tidak dituangkan ke makanan, tetapi diletakkan di piring kecil, lalu makanan dicocolkan.
 
Yang dipaparkan buku ini bisa dipraktikkan siapa pun. Seperti tarik napas panjang. Sel saraf pernapasan yang menegang akan mengendur.
 
Relaksnya sel saraf simpatik di sekitarnya akan menurunkan tekanan darah (hal 83). Dengan melilitkan syal atau handuk di leher juga menstabilkan tekanan darah. Ini dilakukan ketika dari ruangan yang panas masuk ke ruangan yang dingin. Mendadak terkena AC adalah rangsangan hebat dan meningkatkan tekanan darah (hal 103).
 
Sebanyak 49 kiat menstabilkan tekanan darah sangat ilmiah. Pembaca semakin mengerti bahwa mencegah dan mengatasi hipertensi bisa dilakukan dari kebiasaan sehari-hari. Selamat mempraktikkan.
 
Oleh: Armawati,

 

Koleksi Buku Terkait

Share

Kembali ke atas

BUKU BARU


Berita



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat