Penyerahan Hadiah Lomba Perpustakaan SD, SLTP dan Kelurahan 2017

Selasa, 24 Oktober 2017

Administrator

Berita

Dibaca: 579 kali

Pematangsiantar, (DKP). Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar mengumumkan pemenang lomba perpustakaan, yaitu pemenang lomba perpustakan Tingkat SD, SMP dan Kelurahan se-Kota Pematangsiantar Tahun 2017 di depan Halaman Dinas Kearsipan dan Perpustakan, Jalan Merdeka No.3 Pematangsiantar Senin (23/10).

Ketua Panitia Lomba Perpustakaan Terbaik Kota Pematangsiantar Tahun 2017, Herbet Aruan, S.Pd.MH  mengatakan, tujuan acara ini adalah rangkain dari kegiatan pembinaan perpustakaan yang telah dilaksakan sebelumnya untuk memotivasi para peserta lomba dan memberikan penghargaan kepada peserta yang berprestasi dalam mengembangkan perpustakaannya.

"Kegiatan lomba ini diawali dengan penyebaran kuisioner kemudian panitia menseleksi kelengkapan administrasi peserta yang menyerahkan kuisioner  dan data pendukung, dilanjutkan dengan verifikasi data ke perpustakaan yang memenuhi kriteria.

Ada 10 aspek penilaian yang menjadi indikator penilaian, yaitu : 1. Komponen Layanan, 2. Komponen Kerjasama, 3. Komponen Koleksi, 4. Komponen Pengorganisasian Bahan, 5. Komponen Sumber Daya Manusia, 6. Komponen Gedung/Ruang dan Sarana, 7. Komponen Anggaran, 8.  Komponen Manajemen Perpustakaan, 9. Komponen Perawatan Koleksi, 10. Data Pendukung

Adapun pemenang lomba Perpustakaan Tingkat SD, Juara I SD Methodist, Juara II SD Swasta YPHI, Juara III SD Negeri 124407, Harapan I SD Negeri 122365, Harapan II SD Swasta Budi Mulia 1, Harapan III SD Kristen Kalam Kudus.

Pemenang lomba Perpustakaan SMP yakni Juara I SMP Cinta Rakyat 1, Juara II SMP Negeri 8, Juara III SMP Bintang Timur, Harapan I SMP Yayasan Perguruan Keluarga, Harapan II SMP Negeri 2, Harapan III SMP Negeri 6.

Pemenang lomba Perpustakaan Kelurahan,yaitu Juara I Kelurahan Kristen, Juara II Kelurahan Suka Maju, Juara III Kelurahan Setia Negara, Harapan I Kelurahan Tambun Nabolon, Harapan II Kelurahan Martimbang, Harapan III Kelurahan Karo

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar Dra. Neslianita Sinaga mengharapkan agar kegiatan lomba Perpustakaan ini dapat memacu kreatifitas pengelola perpustakaan dalam meningkatkan mutu dan layanan perpustakaan agar terwujud Kota Pematangsiantar yang mantap, maju dan jaya.

Sementara itu Kabid Pengolahan Bahan Pustaka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara Drs. Wardijah, M.Si, yang juga merupakan salah satu juri lomba perpustakaan menyampaikan bahwa Perpustakaan merupakan urusan wajib pemerintahan yang dijelaskan di dalam UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan bahwa  perpustakaan Sekolah/madrasah mengalokasikan dana paling sedikit 5% dari anggaran belanja operasional sekolah/madrasah atau belanja barang di luar belanja pegawai dan belanja dan belanja modal untuk pengembangan perpustakaan.

Dalam kegiatan Penyerahan hadiah pemenang ini juga dilaksanakan penandatanganan MOU dan Uji Coba Revolving Book System (Sistem Buku Bergulir) kepada sekolah TK, SD, SLTP dan Kelurahan.

(MZ)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

BUKU BARU


Berita



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat