Interior Ruang Perpustakaan

Rabu, 06 September 2017

Administrator

Artikel

Dibaca: 57 kali

Ruang Perpustakaan 

Perpustakaan sebagai unit pelayanan jasa, harus memiliki sarana kerja yang cukup dan permanen untuk menampung semua koleksi, fasilitas, staf dan kegiatan perpustakaan sebagai unit kerja. Perpustakaan sebagai pusat informasi dan pengetahuan memiliki tugas dan fungsi yang strategis yaitu menyediakan fasilitas ruang baca yang nyaman dan aman bagi pemustakanya.

  • Adapun ruangan yang minimal harus dimiliki sebuah perpustakaan adalah sebagai berikut:
  1. Ruang koleksi adalah tempat penyimpanan koleksi perpustakaan. Luas ruangan ini tergantung pada jenis dan jumlah bahan pustaka yang dimilki serta besar kecilnya luas bangunan perpustakaan.
  2. Ruang baca adalah ruang yang dipergunakan untuk membaca bahan pustaka. Luas ruangan ini tergantung pada jumlah pembaca, pemakai jasa perpustakaan.
  3. Ruang pelayanan adalah tempat penyimpanan dan pengembalian buku, meminta keterangan pada petugas, menitipkan barang atau tas, dan mencari informasi dan buku yang diperlukan melalui katalog.
  4. Ruang kerja/teknis administrasi adalah ruangan yang dipergunakan untuk melakukan kegiatan pemrosesan bahan pustaka, tata usaha untuk kepala perpustakaan dan stafnya, perbaikan dan pemeliharaan bahan pustaka, diskusi, dan pertemuan.

 

  • Perabot Perpustakaan

Perabot adalah perlengkapan fisik yang diperlukan di dalam ruang perpustakaan untuk menunjang fungsi perpustakaan seperti berbagai meja-kursi kerja dan layanan, berbagai rak, berbagai jenis lemari dan laci, kereta buku, dan lain-lain. Secara detail beberapa perlengkapan perpustakaan terdiri dari:

  1. Perlengkapan simpan, digunakan untuk menyimpan dokumen/koleksi dan kartu perpustakaan.
  2. Peralatan simpan dan temu kembali informasi, merupakan perlengkapan untuk olah data elektronis, gawai semi mekanis, dan sistem mikrobentuk.
  3. Peralatan dokumen audio-visual, yang terdiri dari meja pengamat (viewing tables), pemirsa (viewers), proyektor slide dan film dari berbagai ukuran, video recorders, tape-recorders, dan record player.
  4. Perlengkapan telekomunikasi, terdiri dari telepon (witchboards) eksternal dan internal, mesin penjawab telepon otomatis, faksimile, teleprinter, dan peralata lain seperti sistem transmisi data, internet, televisi, dan satelit komunikasi.
  5. Peralatan reprografi, digunakan untuk reproduksi dokumen seperti mesin fotokopi, printer,  dan scanner.

 

  • Peralatan Perpustakaan

Peralatan perpustakaan adalah barang-barang yang diperlukan secara langsung dalam mengerjakan tugas/kegiatan perpustakaan. Yang termasuk dalam perlengkapan perpustakaan antara lain :

-        buku pedoman perpustakaan

-        Buku klasifikasi

-        Kartu catalog

-        Buku Induk

-        Kantong buku

-        Lembar tanggal kembali

-        Label

-        Cap inventaris

-        Cap perpustakaan

-        Bak stempel

-        Kartu pemesanan

-        Mesin ketik/Komputer

-        ATK

-        Selotip

-        Lem dll.

Artikel Terkait

Share

Kembali ke atas

BUKU BARU


Berita



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat